Ungkap Realita Sosial

Logo Banggainesia
Local Edition | | Todays News


ASN Banggai di tuntut Jadi Teladan Taat Pajak

Wabup Banggai menegaskan bahwa akan ada konsekuensi Bagi ASN yang belum menyerahkan bukti SPT tahunan

Apriyanto Kuamas
Rabu, 18 Januari 2023 | 07:46:04 WIB
Wabup Bangga Furqanuddin Masulili menghadiri kegiatan Tax Gathering bersama Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk, di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai. Rabu (18/1/2023)

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili mendorong aparatur sipil negara lingkup Pemerintah Kabupaten Banggai menjadi teladan dalam hal kepatuhan pembayaran pajak tepat waktu. Hal itu disampaikan saat dirinya menghadiri kegiatan Tax Gathering bersama Kantor Pelayanan Pajak Pratama Luwuk, Rabu (18/1/2023), di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan.


Dalam kesempatan itu, Wabup Furqanuddin mengatakan, Bupati Banggai akan menerbitkan surat edaran terkait kepatuhan bayar pajak bagi ASN lingkup Pemkab Banggai.


Dalam surat edaran tersebut, kata Wabup Furqanuddin, ASN diminta untuk menaati segala ketentuan perpajakan yang berlaku saat ini, yaitu melakukan validasi NIK atau NPWP secara online dan segera menyampaikan laporan SPT tahunan PPh orang pribadi tahun pajak 2022 dengan benar, lengkap, dan jelas melalui e-filling tanpa menunggu jatuh tempo pelaporan yang berakhir pada 31 Maret 2023.


Edaran tersebut juga berisi poin yang mewajibkan tiap-tiap bendahara OPD untuk menerbitkan dan membagikan bukti pemotongan PPh pasal 21 tahun pajak 2022 kepada masing-masing ASN di unit kerjanya agar dapat dijadikan dasar bagi ASN yang bersangkutan dalam melaporkan SPT tahunan PPh orang pribadi secara online melalui e-filling. Jika terdapat kendala dalam proses tersebut, bendahara OPD dapat berkoordinasi dengan KPP Pratama Luwuk.


Selanjutnya, kata Wabup Furqanuddin, setiap kepala OPD memastikan seluruh ASN di satuan kerjanya telah melakukan validasi NIK dan NPWP,  telah menyampaikan SPT tahunan PPh orang pribadi tahun pajak 2022 tepat waktu, dan memerintahkan kepada pembuat daftar gaji dan bendahara pengeluaran yang mengelola gaji untuk meminta salinan/copy tanda bukti penyampaian SPT tahunan PPh tahun pajak 2022 dari seluruh ASN di unit kerjanya.


Wabup menegaskan bahwa akan ada konsekuensi Bagi ASN yang belum menyerahkan bukti SPT tahunan. "Maka usulan pengajuan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala untuk sementara ditunda sampai bukti penyampaian SPT tahunan diserahkan oleh ASN bersangkutan," tegas Wabup Furqanuddin.


Wabup Furqanuddin juga menyampaikan apresiasinya kepada KPP Pratama Luwuk yang selalu bersinergi dengan Pemkab Banggai dan rutin menyosialisasikan program-program di sektor perpajakan.

"Kami memberikan apresiasi kepada KPP Pratama Luwuk yang telah menjadi mitra pemerintah daerah dalam pemberian informasi dan konsultasi layanan perpajakan, dan senantiasa bekerja sama dalam peningkatan penerimaan dari sektor pendapatan asli daerah sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan perpajakan yang berlaku," ujarnya.


Kepala KPP Pratama Luwuk Ruseno Hadi menyatakan, kegiatan tax gathering terkait sosialisasi pemutakhiran data NIK sebagai NPWP dan Pelaporan SPT tahunan tahun pajak 2022 tersebut merupakan upaya Direktorat Jenderal Pajak RI (DJP) untuk mewujudkan reformasi jilid 3 DJP, khususnya perbaikan basis data. 


Bagikan

Berita Terkini

Audiens KPU dan Bawaslu, Rumah Kebangsaan Komitmen Lawan Politik Uang

Tindakan Audiens KPU dan Bawaslu: Mengatasi Politik Uang Bersama Rumah Kebangsaan

| Rabu, 22 November 2023
Wujudkan Penggunaan Keuangan Yang Transparan dan Akuntabel, KPUD Bangkep Laksanakan Bimtek SITAB

Kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi aplikasi SITAB yang diluncurkan oleh KPU guna menunjang pengelolaan angg

| Rabu, 22 November 2023
Ini Cara Hitung Kursi DPR di Pemilu 2024

Banyak yang masih bertanya-tanya, bagaimana cara hitung perolehan kursi mendatang? Mengacu sistem penghitungan Pemilu 2

| Rabu, 22 November 2023
Pengamanan Arus Mudik-Balik Lebaran, Kapolri Sampaikan Ucapkan Terima Kasih ke Jajaran

Dari evaluasi pengamanan arus mudik-balik Lebaran 2022, banyak masyarakat yang mengeluhkan terjadi kemacetan pada saat m

| Rabu, 03 Mei 2023
Data dan Fakta Membuktikan Beras Indonesia Melimpah

Yang terbaru, kata SYL, stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) mencapai 43.000 ton atau meningkat dari stok ber

| Jumat, 05 Mei 2023
Cair 100 Persen Proyek Jamban Senilai 1 Milyar di Padungnyo Masih Belum Rampung

Perkara cair seratus persen kata Halimah patut dimaklumi, pasalnya keterlambatan diakibatkan adanya sejumlah kendala d

| Kamis, 27 April 2023
Tutup Jalan Protes Listrik Padam. Kemacetan Mengular di Poros Lamo Batui

Aksi demo pelanggan PLN kembali terjadi, kali ini aksi disertai penutupan jalan trans sulawesi.

| Sabtu, 15 April 2023
Pemkab Banggai Tunaikan Zakat Mal Melalui Baznas

Bupati Amirudin mengajak semua ASN Pemkab Banggai yang beragama Islam, untuk mengeluarkan sebagian hartanya sebagai wuju

| Jumat, 14 April 2023
Kapolsek dan Danramil Luwuk Berbagi Sembako Kepada Masyarakat

Pembagian bansos berupa beras ini dengan cara mendatangi rumah-rumah warga yang kurang mampu menjadi sasaran di Keluraha

| Jumat, 14 April 2023
Polres Banggai Tanggapi Berita Hilangnya Babuk Milik Mantan Napi Narkoba

Sepeda motor Yamaha jenis Mio M3 CW 125 warna merah DN 3286 RP dalam data histori pada Kantor PT. Mega Finance pusat sud

| Jumat, 14 April 2023
Indeks Berita

Poling

Pemerintah berencana mengkombinasikan iuran BPJS Kesehatan dengan asuransi swasta bagi keluarga mampu. Apakah Anda setuju kelas khusus BPJS Kesehatan

TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2022 BanggaiNesia
Allright Reserved
CONTACT US Luwuk
Banggai, Sulawesi Tengah
Telp: +6281355118667
BANGGAINESIA